Rabu, 16 November 2011

D3(vocational school) dan Strata 1 (program sarjana)

hari ini aku ngerasa jengkel, marah, sedih, gembira, seneng, semuanya campur aduk jadi satu...

pertama, kenapa aku merasa senang, gembira karena aku dapat kesempatan pergi ke Jepang untuk program pertukaran pelajar yang bisa di bilang sangat langka karena aku dari program diploma...

dan aku merasa sedih karena tahun ini adalah tahun terakhir untuk anak2 diploma dalam mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri..aku dan adik angkatanku tri, adalah mahasiswi diploma terakhir yang mendapatkan kesempatan berharga ini...

dan kenapa aku merasa marah, karena kampus yang isinya cewek semua ini menganggap bahwa level mereka lebih tinggi dari diploma dan mereka pada tahun ini meminta mahasiswi yang levelnya sepadan dengan level mereka...dan diploma bukanlah level yang baik untuk menerima beasiswa pertukaran pelajar...

mengapa mereka berpikiran seperti itu???
atas dasar apa mereka membuat keputusan itu??
apakah program diploma itu tidak pantas untuk mendapatkan program beasiswa pertukaran pelajar??
trus klo ga pantas, mengapa ada sekolah diploma kalau dalam kehidupan ini semua pekerjaan perkantoran membutuhkan lulusan sarjana atau strata 1 saja...
trus lulusan diploma ga bisa mendapatkan pekerjaan kantoran gtu??

pertanyaan pertanyaan ini membuat orang orang yang memilih program diploma menjadi sakit hati, ketika dalam impian mereka, mereka bisa mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri, walaupun tidak bisa dapat, tapi setidaknya kesempatan untuk mahasiswa diploma itu ada..
atau dalam pekerjaan, mereka juga menjadi berkecil hati karena banyak pekerjaan kantoran sekarang ini hanya membutuhkan lulusan strata 1 saja..

yang sudah mendapatkan pekerjaan mungkin akan menyangkal pernyataan yang aku buat ini, tapi yang belum mendapatkan pekerjaan, pasti mereka akan patah hati atau sejenisnya...

apalagi aku, aku masuk program diploma dan belum lulus sampai sekarang karena sedang menjalankan program pertukaran pelajar...setelah aku pulang nanti dan lulus di kemudian harinya, pekerjaan apa yang bisa aku dapatkan kalau semua lowongan hanya memerlukan lulusan strata1???sedangkan program ekstensi sudah ditutup untuk tahun depan...bukankah itu menjadi masalah juga karena akan makin banyak lulusan diploma yang menganggur...(semoga saja tidak begitu)

hmmmm....susah ya sekarang memahami lika liku kehidupan...apalagi memahami pandangan orang luar negeri sendiri...memahami orang dalam saja susah apalagi orang luar...

sudahlah, mungkin memang belum saatnya anak anak diploma mendapat kesempatan ini...semoga, mereka dapat kesempata yang lebih baik dari kami...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar